Tautan-tautan Akses

KCNA: China Bersedia Berkolaborasi dengan Korea Utara untuk 'Perdamaian Dunia'


Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kanan) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping setibanya di Bandara Iinternasional Pyongyang di Pyongyang. (Foto: KCNA via AFP)

Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bahwa Beijing bersedia bekerja sama dengan Pyongyang untuk perdamaian dunia, kata media pemerintah Korea Utara pada Sabtu (26/11).

Pesan Xi itu disampaikan beberapa hari setelah Korea Utara meluncurkan rudal balistik antar benua dalam salah satu uji coba terkuatnya. Ketika itu, Pyongyang menyatakan negaranya akan merespons ancaman nuklir AS dengan nuklirnya sendiri.

Korea Utara telah melakukan peluncuran rudal balistik dengan jumlah terbanyak dalam beberapa pekan belakangan. Banyak pihak mengkhawatirkan negara itu sedang bersiap melakukan uji coba nuklir ketujuhnya, yang pertama sejak 2017.

Dalam pesan kepada Kim, Xi mengatakan Beijing siap bekerja dengan Korea Utara untuk "perdamaian, stabilitas, pembangunan dan kesejahteraan di kawasan dan dunia," kata laporan KCNA.

Xi mengatakan ia bersedia berkolaborasi dengan Pyongyang ketika "perubahan dunia, waktu, dan sejarah sedang terjadi dengan cara-cara yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata KCNA. Kantor media itu mengutip dari pesan dari Xi, yang membalas ucapan selamat dari Kim setelah Kongres Partai Komunis China bulan lalu memberi Xi masa jabatan ketiga.

Beberapa hari sebelum peluncuran ICBM oleh Korea Utara, Xi bertemu Presiden AS Joe Biden di sela-sela KTT G20 di Bali. Biden menyuarakan keyakinan bahwa Beijing tidak mau melihat eskalasi lebih jauh oleh Pyongyang.

Washington telah mengatakan pihaknya menginginkan China , sekutu dan donor terpenting Pyongyang, untuk menggunakan pengaruhnua untuk membantu mengendalikan Korea Utara. [vm/ft]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG