Tautan-tautan Akses

Kawasan Alpen Menghangat, Sepeda Gunung Gantikan Ski di Austria


Seorang pengendara sepeda gunung bersepeda di area Wexl Trails, St. Corona am Wechsel, Lower Austria, 23 Juli 2021. (ALEX HALADA / AFP)

Sebuah desa di kawasan Alpen Austria yang terkenal sebagai resor ski untuk keluarga, terpaksa beradaptasi dengan menipisnya salju akibat perubahan iklim.

Menuruni lereng bukit kini tidak hanya dilakukan dengan berski di atas salju di Sankt Corona am Wechsel yang berjarak sekitar satu jam perjalanan dengan mobil dari Wina. Olah raga tersebut kini dilakukan dengan sepeda gunung.

Pengendara berusia semuda tiga tahun kini dapat menikmati perjalanan di medan yang turun naik dan berliku-liku di tengah hutan.Selain memberi kehidupan baru bagi desa tersebut, olah raga ini dapat menjadi contoh bagi resor-resor ski lainnya yang menghadapi masalah serupa.

Kawasan Alpen Menghangat, Sepeda Gunung Gantikan Ski di Austria
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:04:07 0:00

Karl Morgenbesser, pengelola taman ski di Sankt Corona yang juga mantan instruktur snowboard, mengemukakan, "Dulu, daerah ini 100 persen menjadi destinasi musim dingin. Kami kemudian menyadari bahwa karena perubahan iklim dan perubahan dalam apa yang dapat ditawarkan kepada para turis, musim panas menjadi sangat penting. Karena itu pada tahun 2015 kami mulai mengembangkan olah raga khusus musim panas, dan inilah hasilnya.”

Sementara pandemi virus corona meningkatkan antusiasme pada berbagai aktivitas di luar ruang, banyak warga Austria yang mengharapkan bersepeda gunung dan olah raga musim panas lainnya dapat menebus kegiatan yang hilang pada musim dingin di negara di kawasan Alpen itu, di mana olah raga ski menyumbang sekitar tiga persen Produk Domestik Brutonya.

Pengendara sepeda gunung melewati kolam ajaib di taman sepeda mini, area Wexl Trails di St. Corona am Wechsel, Lower Austria, 23 Juli 2021.
Pengendara sepeda gunung melewati kolam ajaib di taman sepeda mini, area Wexl Trails di St. Corona am Wechsel, Lower Austria, 23 Juli 2021.

Lapisan salju telah berkurang di Alpen pada lokasi di ketinggian rendah dan menengah dalam setengah abad ini, menurut penelitian bulan Maret yang diterbitkan di jurnal ilmiah The Cryosphere.

Selain itu, laporan baru-baru ini yang dikeluarkan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) PBB mendapati bahwa di Alpen, lapisan salju akan berkurang di daerah-daerah dengan ketinggian kurang dari 1.500 meter, sepanjang abad ke-21.

Sankt Corona, yang berada pada ketinggian hampir 900 meter di atas permukaan laut, membongkar infrastruktur musim dinginnya pada tahun 2014. Ini dilakukan setelah desa itu selama bertahun-tahun mengalami kerugian karena jumlah pengunjung tahunannya merosot menjadi 25 ribu dari 70 ribu sekitar 20 tahun sebelumnya.

Tidak lama kemudian, kereta luncur dan arena pendakian musim panas dibuka. Tetapi peruntungan desa berpenduduk 400 orang itu baru berubah sewaktu mereka menyediakan jalur sepeda gunung.

Pengendara sepeda gunung menggunakan lift sepeda di area Wexl Trails, St. Corona am Wechsel, Lower Austria pada 23 Juli 2021.
Pengendara sepeda gunung menggunakan lift sepeda di area Wexl Trails, St. Corona am Wechsel, Lower Austria pada 23 Juli 2021.

Sementara banyak destinasi untuk bersepeda gunung menawarkan lereng-lereng terjal, jalur bergelombang di Sankt Corona cocok untuk para profesional maupun anak-anak yang masih latihan bersepeda. Desa itu kini mampu menarik kedatangan 130 ribu pengunjung setiap musim.

Lisa Goeschl adalah salah seorang pengunjung di sana. Semasa kanak-kanak, ia kerap berski di Sankt Corona. Kali ini ia datang bersama anak dan suaminya. Ia mengatakan, "Kami berasal dari Neusiedl am See dan kami datang lebih sering lagi pada akhir pekan karena suami saya suka bersepeda gunung. Di daerah kami, di Neusiedl, kami tidak punya jalur seperti ini. Ini cocok untuk kami karena ada taman bermain besar untuk anak-anak.”

Mulai Juni lalu, lift T-bar baru yang membawa pengendara sepeda naik ke lereng - dibuka, karena layanan bus antar jemput pengendara ke puncak bukit tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan tersebut. Sistem lift T-bar itu ditemukan oleh Simon Hanl, pesepeda gunung setempat.

Menginspirasi

Pengendara sepeda gunung naik sepeda di area Wexl Trails, St. Corona am Wechsel, Lower Austria, 23 Juli 2021.
Pengendara sepeda gunung naik sepeda di area Wexl Trails, St. Corona am Wechsel, Lower Austria, 23 Juli 2021.

Sejumlah delegasi dari beberapa resor ski terbesar di dunia berkunjung ke Sankt Corona, untuk mengetahui bagaimana desa kecil ini dapat beradaptasi dengan baik dalam menghadapi kemungkinan masa depan tanpa salju.

Marlene Krug, penanggung jawab pengembangan kegiatan sepeda dari Saalbach, Austria, yang kerap menjadi tuan rumah kejuaraan dunia sepeda gunung, mengemukakan, apa yang dilakukan di Sankt Corona sangat menginspirasi. Saalbach kini meniru taman bermain anak-anak di Sankt Corona.

Resor-resor ski pada mulanya menanggapi berkurangnya salju dengan berinvestasi pada pembuatan salju buatan.

Tetapi suhu telah begitu hangatnya sehingga resor di berbagai penjuru Alpen harus mencari opsi lain, kata Robert Steiger, pakar dampak perubahan iklim terhadap pariwisata dari University of Innsbruck.

“Berdiversifikasi ke musim panas perlu bagi mereka semua, dan bersepeda gunung jelas merupakan sesuatu yang diminati semua orang,” lanjutnya. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG