Tautan-tautan Akses

Kawanan Bersenjata Tembaki Konvoi PBB


Seorang anggota pasukan keamanan Libya memberikan isyarat setelah kelompok bersenjata pendukung pemerintah yang didukung PBB mengambil alih sebuah kompleks yang ditempati oleh seorang yang menyatakan diri sebagai perdana menteri dalam pertempuran sengit, di Tripoli, Libya, 15 Maret 2017. (Foto: dok)

Kawanan bersenjata hari Rabu (28/6) menembaki konvoi dan menahan tujuh peninjau PBB di Libya.

Juru bicara PBB menjelaskan, konvoi ditembaki ketika dalam perjalanan antara Tripoli dan kota Surman di Libya barat. Satu kendaraan rusak sedangkan ketujuh peninjau sempat ditahan sebentar sebelumnya dan akhirnya dibebaskan tanpa cedera.

PBB berterima kasih kepada pemerintah Libya dan pihak berwenang setempat yang telah membantu menjamin keselamatan para peninjau. Ditambahkan bahwa petugas PBB di Libya tetap bertekad mendukung perdamaian dan keamanan.

Identitas kawanan bersenjata itu tidak diketahui karena diduga banyak milisi yang tersebar di berbagai bagian Libya barat.

Libya terpecah antara pemerintah yang diakui internasional di Tripoli dan pemerintah tandingan yang bersaing untuk menguasai kekayaan minyak negara itu. [ps/al]

XS
SM
MD
LG