Tautan-tautan Akses

Kawanan Bersenjata Culik 7 Pekerja Asing di Nigeria


An ice cream vendor cycles past a huge fallen tree after an onslaught of Typhoon Rammasun, (locally named Glenda) in Batangas city south of Manila, July 17, 2014.
An ice cream vendor cycles past a huge fallen tree after an onslaught of Typhoon Rammasun, (locally named Glenda) in Batangas city south of Manila, July 17, 2014.

Orang-orang bersenjata menyerang sebuah kamp pekerja konstruksi di Nigeria utara, menewaskan seorang penjaga dan menculik tujuh orang pekerja asing warga Inggris, Yunani, Italia dan Libanon.

Menurut pejabat Nigeria, ini adalah aksi penculikan terbesar di kawasan yang sering diserang oleh kelompok-kelompok ekstremis islam. Serangan hari Sabtu malam itu terjadi di kota Jama’are di negara bagian Bauchi, di mana orang-orang bersenjata menyerang sebuah penjara, dan membakar dua truk polisi.

Juru bicara polisi Hassan Muhammad mengatakan, orang-orang bersenjata itu kemudian menyerang kamp pekerja perusahaan konstruksi Libanon yang sedang membangun sebuah jalan. Satu orang penjaga di kamp itu ditembak mati dan ke tujuh pekerja asing itu diculik.

Kantor berita Italia ANSA mengukuhkan seorang warga Italia diculik dalam serangan itu, dan menteri luar negeri Giulio Terzi mengatakan keselamatan sandera itu harus merupakan prioritas utama.

Kementerian luar negeri Inggris dan Yunani hari Minggu mengatakan sedang menyelidiki laporan penculikan itu. Tidak ada kelompok yang langsung mengaku bertanggung-jawab atas penculikan itu, tapi Nigeria utara yang penduduknya mayoritas islam telah diserang oleh kelompok ekstremis Boko Haram sejak setahun setengah terakhir.

Pemerintah pusat yang lemah tidak sanggup mencegah kegiatan kelompok itu yang melancarkan serangan penembakan dan pengeboman. Kelompok Boko Haram dituduh bertanggung-jawab atas tewasnya 792 orang tahun lalu saja.

Recommended

XS
SM
MD
LG