Tautan-tautan Akses

Kasus Virus Corona di India Lampaui 1 Juta


Warga mengenakan masker saat menungu kereta api di Hyderabad, India, 17 Juli 2020.

India, Jumat (17/7), secara resmi, melaporkan bahwa jumlah kasus virus corona yang telah dikukuhkan di negara itu telah melampaui satu juta, terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Brazil.

Dalam 24 jam terakhir, Kementerian Kesehatan melaporkan ada 34.956 kasus baru, sehingga secara nasional totalnya kini mencapai 1.003.832 kasus. Kementerian itu juga melaporkan 687 kematian baru terkait virus itu sehingga jumlah kematian kini mencapai 25.602.

Kementerian itu menyatakan, 635.757 orang telah pulih dan tingkat pemulihan Covid-19 terus membaik dan kini mencapai 63 persen.

Dengan meningkatnya jumlah kasus baru secara signifikan, banyak pihak mengkhawatirkan sistem layanan kesehatan India akan kewalahan menanggulanginya.

Seorang petugas kesehatan (kanan) mengambil sampel swab dari seorang penduduk di Mumbai, India, 16 Juli 2020. (Foto oleh Punit PARANJPE / AFP)
Seorang petugas kesehatan (kanan) mengambil sampel swab dari seorang penduduk di Mumbai, India, 16 Juli 2020. (Foto oleh Punit PARANJPE / AFP)

Sejauh ini, tiga negara bagian yang paling padat penduduknya, Maharashtra, Delhi dan Tamil Nadu, menyumbang lebih dari setengah jumlah kasus total. Namun wabah itu kini kian merebak di kawasan-kawasan pedesaan, yang sistem layanan kesehatannya lemah dan sangat tidak siap.

Jika sebelumnya seperti bersikap setengah hati, India kini secara signifikan meningkatkan usahanya dalam menanggulangi wabah. Sementara pada Januari lalu hanya mengoperasikan satu laboratorium untuk uji virus corona, India kini mengerahkan lebih dari 1.200 laboratorium. Setiap harinya, laboratorium-laboratorium itu memeriksa sekitar 300.000 sampel. India kini juga mengizinkan tes virus corona tanpa surat rujukan dari dokter. [ab/uh]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG