Tautan-tautan Akses

Kasus Pembunuhan oleh Pensiunan Guru di Australia


ARSIP - Deputi Komisaris Australian Federal Police, Michael Phelan (kanan) menyimak saat Deputi Komisaris Polisi New South Wales, Catherine Burn, berbicara dalam konferensi pers di Sydney, 11 Februari 2015 (foto: Reuters/Lincoln Feast)

Polisi Australia menangkap dan menuntut seorang pensiunan guru dengan tuduhan membunuh istrinya yang menghilang pada tahun 1982. Berita itu dihidupkan kembali di dalam sebuah siaran podcast yang populer di dunia.

Lynette Dawson menghilang 36 tahun lalu dari rumahnya di Sidney. Suaminya waktu itu, Chris Dawson menyangkal membunuh istrinya, ibu dari dua anaknya dan mengatakan, istrinya meninggalkan keluarganya untuk masuk ke sebuah kelompok keagamaan.

Sebuah siaran podcast yang diproduksi oleh harian The Australian berjudul, 'The Teacher's Pet,' menarik perhatian dunia tentang kasus itu. Siaran itu telah diunduh lebih dari 28 juta kali sejak disiarkan bulan Mei.

Terdapat dua pemeriksaan atas hilangnya Lynette Dawson. Kedua-duanya menyimpulkan, Lynette dibunuh oleh seseorang “yang dikenal.” Pada 2003, seorang koroner memastikan suami Lynette, seorang mantan guru dan pemain rugby itu, punya hubungan seks dengan siswa remajanya semasa mereka menikah.

Seorang gadis berusia 16 tahun pindah ke rumah keluarga Chris Dawson, hanya beberapa hari setelah Lynette Dawson menghilang.

Dilaporkan, kesaksian baru dari siswa perempuan itu mengarah pada penangkapan Chris Dawson pekan ini.

Kepala Polisi negara bagian New South Wales, Mick Fuller mengatakan, bukti-bukti baru sangat penting dalam kasus ini.

“Sebagian besar itu berupa pernyataan dari para saksi membantu kami mengaitkan teka-teki itu menjadi satu. Tidak diragukan lagi, ini akan menjadi sebuah laporan yang panjang dengan sejumlah besar bukti dan jelas terdapat sejumlah saksi yang akan dipanggil,” ujar Mick Fuller.

Para pakar mengatakan, popularitas siaran podcast investigatif itu bisa di satu pihak menyumbangkan keadilan bagi mereka yang lemah dan suaranya tidak didengar atau sebaliknya, menjadi penghambat bagi penyelidikan polisi jika materinya tidak berimbang dan memihak.

Pengacara hukum Chris Dawson mengatakan, peliputan media kemungkinan telah mencemari kasus ini.

Polisi Australia membantah besarnya minat seputar siaran podcast 'Teacher’s Pet' itu telah memicu penangkapan Chris Dawson menyusul penyelidikan ulang selama tiga tahun atas kasus itu.

Terdakwa yang kini berusia 70 tahun itu tetap dalam tahanan. Jasad mantan istrinya tidak pernah ditemukan. [ps/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG