Tautan-tautan Akses

Karzai: Perdamaian Mungkin Terwujud apabila Warga Afghanistan Duduk Bersama


Mantan Presiden Afghanistan, Hamid Karzai (Foto: dok).
Mantan Presiden Afghanistan, Hamid Karzai (Foto: dok).

Mantan presiden Afghanistan Hamid Karzai menyatakan ia sedih karena dibatalkannya pembicaraan meluas dengan Taliban. Ia menekankan bahwa perdamaian tidak akan mungkin terwujud di tanah airnya, yang telah lebih dari 17 tahun dilanda perang, sebelum warga Afghanistan dari berbagai lapisan masyarakat duduk bersama dan berunding.

Karzai berbicara kepada kantor berita Associated Press sehari setelah tuan rumah Qatar mengumumkan pertemuan yang telah dijadwalkan untuk pembicaraan antara kelompok-kelompok Afghanistan, ditangguhkan tanpa batas setelah perselisihan mengenai siapa yang seharusnya menghadiri pertemuan tersebut.

Pembicaraan itu seharusnya dimulai hari Jumat (19/4) di Qatar, di mana Taliban memiliki kantor di sana. Pertemuan ini akan menandai untuk pertama kalinya Taliban dan para pejabat pemerintah Kabul duduk bersama.Meskipun Karzai tidak menyalahkan pihak tertentu atas pembatalan itu, ia mendesak Amerika Serikat agar “memberi dorongan untuk membuat pembicaraan itu terselenggara.” [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG