Tautan-tautan Akses

Karzai akan Minta Pakistan Bantu Perundingan dengan Taliban


Presiden Afghanistan Hamid Karzai akan terbang ke Pakistan hari Senin untuk bertemu PM Pakistan Nawaz Sharif (foto: dok).
Presiden Afghanistan Hamid Karzai akan terbang ke Pakistan hari Senin untuk bertemu PM Pakistan Nawaz Sharif (foto: dok).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai akan minta bantuan pemerintah Pakistan untuk mengatur perundingan Afghanistan dengan wakil-wakil Taliban.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai akan terbang ke Pakistan hari Senin, di mana ia diperkirakan akan minta bantuan Pakistan untuk mengatur perundingan dengan wakil-wakil Taliban.

Karzai akan bertemu dengan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif. Tokoh-tokoh Afghanistan sejak lama telah menuduh Pakistan memberikan perlindungan kepada para pemimpin tinggi Taliban, dan dinas intelijen Pakistan ISI membantu pemberontak melancarkan serangan lintas batas ke Afghanistan atas pasukan koalisi pimpinan Amerika dan pasukan lokal.

Duta Besar Afghanistan untuk Pakistan mengatakan, kedua negara gagal membuat kemajuan dalam mengusahakan keamanan, tapi kerjasama dalam bidang-bidang lain telah membaik.

Kata pejabat Afghanistan, Presiden Karzai akan mengulangi tuntutannya agar Pakistan membebaskan tawanan-tawanan Afghanistan, termasuk Mullah Abdul Ghazni Baradar, bekas wakil komandan Taliban.

Abdul Ghani dilaporkan berusaha mengadakan perundingan damai terpisah dengan pemerintah Afghanistan, tapi tindakannya membuat marah pejabat Pakistan. Ia kemudian ditangkap oleh Pakistan ketika berkunjung ke negara itu tahun 2010.

Recommended

XS
SM
MD
LG