Tautan-tautan Akses

Karnaval Rio Berlangsung Muram di Tengah Pandemi


Aksesoris kendaraan hias terbengkalai di bengkel sekolah samba Unidos de Bangu di Rio de Janeiro, Brazil karena kegiatan dihentikan menyusul pandemi COVID-19, 9 Februari 2021. (Foto: Associated Press)

Musim karnaval di Kota Rio de Janeiro tahun ini diawali dengan suasana muram. Para pejabat kota tersebut mempersiapkan sebuah pertunjukan cahaya untuk menghormati para korban meninggal COVID-19. Pemerintah kota juga melarang keras untuk perayaan-perayaan karena pandemi virus corona.

Wali Kota Rio yang baru, Eduardo Paes, menandai dimulainya sebuah gelaran yang tadinya adalah pesta jalanan yang sangat meriah dan parade yang bertempat di stadion khusus karnaval ‘Sambadrome’ selama empat hari. Kendaraan-kendaraan hias yang berwarna-warni dan para anggota klub-klub Samba yang berpakaian flamboyan mengawali perayaan tersebut.

Paes memperingatkan para pejabat kota tersebut tidak akan menoleransi perayaan-perayaan gelap dalam bentuk apapun. Dia mengatakan larangan-larangan keras memang diperlukan untuk mencegah peningkatan kasus infeksi COVID-19.

“Kami tidak akan mengadakan karnaval karena kami ingin menyelamatkan nyawa. Jadi tidak ada karnaval karena kami butuh melestarikan kehidupan,” ujar Paes.

Sambradome di Kota Rio de Janeiro tampak lengang, 16 Februari 2021. Hari itu seharusnya menjadi malam terakhir parade Karnaval Rio 2021, tetapi pejabat kota membatalkan parade itu karena pandemi virus corona. (Foto: AP)
Sambradome di Kota Rio de Janeiro tampak lengang, 16 Februari 2021. Hari itu seharusnya menjadi malam terakhir parade Karnaval Rio 2021, tetapi pejabat kota membatalkan parade itu karena pandemi virus corona. (Foto: AP)

Paes mengatakan ini setelah ia menyalakan lampu-lampu yang mengeluarkan cahaya warna-warni di dalam stadion karnaval Sambadrome, untuk mengenang 6.618 penduduk kota Rio yang meninggal akibat virus corona.

Wali Kota Rio tersebut memberikan kunci kota kepada para petugas medis yang termasuk para perawat, dokter, teknisi dan staf pendukung yang telah bekerja di garis depan selama pandemi.

Paes menjanjikan bahwa waktu ke depan akan menjadi lebih baik karena program imunisasi massal sedang berjalan dan laju infeksi melambat.

Karnaval Rio Berlangsung Muram di Tengah Pandemi
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:20 0:00

Pada 2022 nanti, kita akan mengadakan pesta karnaval yang terbaik dalam sejarah dunia. Kita akan menggelar acara yang tidak terlupakan untuk mengganti tahun ini karena kita tidak merayakannya dengan gembira,” ujar Paes kepada para tamu yang hadir pada perayaan itu.

Mereka yang biasa merayakan pesta karnaval mengadakan sebuah acara kerohanian sebelumnya pada hari itu juga, dan berharap bahwa perayaan-perayaan tahun depan akan diadakan tepat pada waktunya. [aa/uh]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG