Tautan-tautan Akses

Kardinal McCarrick Mundur dari College of Cardinals


Kardinal Theodore Edgar McCarrick di South Bend, Indiana, 4 Maret 2015. (foto: dok).

Vatikan mengatakan Paus Fransiskus telah menerima tawaran Kardinal Theodore McCarrick untuk mengundurkan diri dari College of Cardinals.

Pernyataan hari Sabtu (28/7) itu mengatakan Paus Fransiskus menerima surat pengunduran diri mantan uskup agung di Washington DC itu sehari sebelumnya. Selain menyetujui pengunduran diri McCarrick sebagai kardinal, Paus Fransiskus juga memerintahkannya untuk melakukan “doa dan penebusan dosa” hingga tuduhan pelecehan seksual terhadap dirinya diperiksa di persidangan gereja Katholik.

McCarrick telah dikeluarkan dari dilarang memberi pelayanan publik sejak 20 Juni lalu, menunggu penyelidikan penuh terhadap tuduhan pelecehan seksual terhadap seorang remaja di New York City lebih dari 40 tahun lalu. Laki-laki, yang ketika pelecehan itu terjadi berusia 11 tahun, mengatakan hubungan seksual yang kasar itu berlangsung hingga lebih dari 20 tahun. McCarrick telah menyangkal tuduhan tersebut.

McCarrick adalah salah seorang pastur gereja tertinggi di Amerika yang dituduh melakukan pelecehan seksual.

McCarrick yang lancar berbicara dalam tujuh bahasa, adalah uskup agung di ibukota Washington DC antara tahun 2000 – 2006. Ia diangkat menjadi kardinal pada tahun 2001. [em]

XS
SM
MD
LG