Tautan-tautan Akses

AS

Kapal USS John S. McCain Tabrakan dengan Kapal Dagang, 10 Pelaut Hilang


Kapal AS, USS John S. McCain saat melakukan patroli di Laut China Selatan (foto: dok).

Angkatan Laut Amerika mengatakan sedikitnya 10 pelaut hilang, lima lainnya luka-luka setelah kapal USS John S. McCain tabrakan dengan kapal dagang Senin dini hari (21/8) di perairan di bagian timur Singapura dan Selat Malaka.

Hingga laporan ini disampaikan operasi pencarian sedang dilakukan.

Associated Press mengutip keterangan Armada Ketujuh Angkatan Laut Amerika melaporkan bahwa akibat tabrakan dengan kapal dagang Mc Alnik pada jam 5.24 pagi itu, kapal USS John S. McCain mengalami kerusakan pada bagian kiri belakang.

Ini adalah tabrakan kedua yang melibatkan kapal Armada Ketujuh Angkatan Laut Amerika di Pasifik dalam dua bulan terakhir. Juni lalu tujuh pelaut meninggal ketika kapal USS Fitzgerald menabrak kapal kontainer di perairan lepas pantai Jepang.

Kapten kapal USS Fitzgeralt itu dibebastugaskan dan sejumlah pelaut dihukum setelah Angkatan Laut Amerika mendapati bahwa kecerobohan telah menjadi salah satu unsur terjadinya kecelakaan itu.

Investigasi tentang bagaimana dan mengapa USS Fitzgerald bisa menabrak kapal itu belum selesai, namun ada banyak rincian yang sudah diketahui terkait tabrakan itu, demikian penjelasan awal pihak Angkatan Laut.

Armada Ketujuh Angkatan Laut Amerika yang berbasis di Jepang mengatakan USS John S. McCain sedang menuju ke Singapura untuk melakukan kunjungan rutin ke pelabuhan. Pangkalan kapal itu adalah di pelabuhan Yokosuka, Jepang. [em]

XS
SM
MD
LG