Tautan-tautan Akses

Kapal Selam AS tiba di Korsel di tengah Ketegangan dengan Korut


Kapal selam nuklir USS Kentucky berlabuh di pangkalan laut Busan, Korea Selatan, pada 19 Juli 2023. (Foto: Woohae Cho/Pool via Reuters)
Kapal selam nuklir USS Kentucky berlabuh di pangkalan laut Busan, Korea Selatan, pada 19 Juli 2023. (Foto: Woohae Cho/Pool via Reuters)

Sebuah kapal selam bertenaga nuklir milik Amerika Serikat, pada Senin (24/7), tiba di Korea Selatan, beberapa hari setelah kapal selam bersenjata nuklir pertama AS, berlabuh di negara itu dalam 40 tahun terakhir. Kedua sekutu berusaha meningkatkan aset-aset strategis Amerika Serikat untuk menghalangi Korea Utara.

Kapal USS Annapolis memasuki pangkalan angkatan laut di pulau Jeju untuk memuat pasokan militer dan menjalankan misi operasional yang tidak ditentukan, kata angkatan laut Korea Selatan dalam jumpa pers.

USS Kentucky, kapal selam rudal balistik, berlabuh pada Selasa (18/7) lalu di Korea Selatan. Itu adalah kunjungan pertama kapal selam rudal balistik bersenjata nuklir Amerika Serikat sejak 1980-an dan bertepatan dengan peluncuran pembicaraan antara AS dan Korea Selatan untuk mengoordinasikan tanggapan jika terjadi perang nuklir dengan Korea Utara.

Korea Utara meluncurkan dua rudal balistik pada Rabu (19/7) lalu beberapa jam setelah kunjungan USS Kentucky. Negara itu kembali menembakkan beberapa rudal jelajah pada Sabtu (22/7). [ka/rs]

Forum

‚Äč
XS
SM
MD
LG