Tautan-tautan Akses

AS

Kapal Rumah Sakit Angkatan Laut AS Siap Dikirim ke New York


Gubernur New York Andrew Cuomo

Angkatan Laut Amerika akan mengirim sebuah kapal rumah sakit dengan seribu tempat tidur ke Pelabuhan New York untuk membantu kota terbesar di Amerika itu menanggapi virus corona.

“Ini adalah langkah luar biasa. Jelas ini benar-benar rumah sakit terapung dan hal itu akan menambah kapasitas,” ujar Gubernur New York Andrew Cuomo kepada wartawan hari Rabu (18/3)

Di negara bagian New York terdapat 2.382 penderita corona, yang terbanyak di Amerika.

Otorita berwenang di New York telah meningkatkan kapasitas pengujian menjadi 15.000 orang per hari dan diperkirakan jumlah itu akan terus meningkat. Sekitar 23% penderita positif virus corona dirawat di rumah sakit.

Cuomo mengatakan 108 pasien telah pulih kembali dan diijinkan meninggalkan rumah sakit. Ditambahkannya, ia dan Presiden Trump “memerangi hal yang sama,”

Cuomo mengatakan telah berbicara dengan Presiden Donald Trump, yang akan mengijinkan rumah sakit terapung itu untuk dikirim ke New York. Selain memiliki seribu tempat tidur, kapal ini juga dilengkapi dengan ruang operasi.

Cuomo dan Walikota New York Bill de Blasio selama beberapa hari ini telah mengatakan bahwa sistem rumah sakit di New York kewalahan karena meningkat pesatnya jumlah kasus virus corona. Mereka mencari cara untuk menyediakan lebih banyak tempat tidur dan lebih banyak petugas kesehatan, termasuk mendorong petugas kesehatan profesional yang sudah pensiun untuk kembali berdinas.

“Kami tidak bisa membangun rumah-rumah sakit- baru dalam 45 hari,” ujar Cuomo. “Pemerintah federal dapat benar-benar membantu kami. Kami membutuhkan bantuan pemerintah federal,” tambahnya.

Dalam konferensi pers di Washington DC, Presiden Trump memastikan ia akan mengirim rumah sakit terapung itu ke New York, dan memuji Gubernur Andrew Cuomo atas upayanya. [em/ii]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG