Tautan-tautan Akses

Kapal Perang Inggris Sita 450 Kg Metamfetamin di Laut Arab


Kapal angkatan laut Inggris HMS Montrose mengawal sebuah kapal di laut lepas pantai Siprus pada Februari 2014. (Foto: AP)

Kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris menyita 450 kilogram metamfetamin di wilayah utara Laut Arab – penyitaan terbesar yang pernah dilakukan operasi maritim gabungan di wilayah itu, kata para pejabat Uni Emirat Arab, Rabu (21/10).

HMS Montrose menyita narkoba itu dari kapal kargo tradisional yang biasa mengarungi Teluk Persia dan perairan sekitarnya, kata satuan tugas operasi gabungan tersebut dalam pernyataan. Kapal itu tidak berbendera negara manapun sehingga masih belum diketahui pemiliknya.

Penyitaan itu terjadi pada Rabu pekan lalu. Satgas tersebut mengatakan tidak mengetahui dari mana narkoba itu berasal, siapa yang membuatnya atau kemana tujuan akhirnya.

Namun, Iran selama dekade terakhir telah mengalami ledakan penggunaan metamfetamin, yang oleh masyarakat setempat disebut shisheh. Penggunaan metamfetamin ini juga telah meluas ke negara tetangganya, Irak.

Laporan PBB soal Narkoba Dunia pada 2020 menunjukkan, sementara produksi narkoba menurun dalam beberapa tahun terakhir di Iran, produksinya meningkat di Afghanistan. Narkoba dari Afghanistan biasanya diselundupkan ke Iran melalui Pakistan.

Baik Pakistan maupun Iran terletak di wilayah Utara Laut Arab. [ab/ka]

XS
SM
MD
LG