Tautan-tautan Akses

Kapal Perang AS Lepaskan Tembakan Peringatan terhadap Kapal Iran


Sebuah kapal Iran tampak berada pada posisi terlalu dekat dengan kapal perang AS USS Thunderbolt (kanan) di perairan Teluk Persia, Selasa (25/7).

Sebuah kapal Angkatan Laut AS yang berpatroli di Teluk Persia melancarkan tembakan peringatan ke sebuah kapal Garda Revolusi Iran hari Selasa (25/7), setelah kapal itu berlayar terlalu dekat dengan kapal tersebut, kata seorang pejabat pertahanan AS yang mengukuhkan kepada VOA Selasa.

Kapal Amerika, USS Thunderbird menembakkan "beberapa tembakan peringatan" ke kapal Iran setelah kapal tersebut berada dalam jarak 140 meter dari kapal AS dengan kecepatan tinggi, menurut pejabat tersebut.

Tembakan tersebut sebagai upaya terakhir setelah kapal Iran tidak menanggapi seruan melalui radio dan sinyal suara dari kapal-kapal Amerika, termasuk lima cuitan keras kapal Angkatan Laut AS, simbol internasional untuk bahaya.

Dua kapal Penjaga Pantai Amerika berpatroli dengan USS Thunderbird selama insiden tersebut, kata pejabat pertahanan kepada VOA.

Pejabat pertahanan menyebut insiden tersebut "tidak aman dan tidak profesional."

“Kapal Iran itu tidak menanggapi sinyal apapun. Mereka tidak menanggapi panggilan radio; Kami tidak punya pilihan kecuali untuk melepaskan tembakan peringatan,” kata seorang pejabat AS kepada AFP.

Bulan lalu, sebuah kapal militer Iran mengarahkan sebuah laser pada helikopter Amerika yang mengawal tiga kapal militer Amerika di Selat Hormuz. Komandan Bill Urban, juru bicara Armada Kelima Angkatan Laut AS mengatakan, kapal Iran itu berada dalam jarak 730 meter dari kapal penyerang USS Bataan.​ [ps/jm]

XS
SM
MD
LG