Tautan-tautan Akses

Kapal Perang AS Berlayar Melintas Selat Taiwan


Pelaut Taiwan dalam sebuah upacara di pangkalan Angkatan Laut di Suao, di timur laut Taiwan, 2 November 2006.

Dua kapal perang Amerika berlayar melalui Selat Taiwan, Senin (22/10).

Juru bicara Pentagon Kolonel Rob Manning mengatakan kepada wartawan bahwa USS Curtis Wilbur dan USS Antietam melakukan apa yang ia sebut “transit rutin” untuk menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap “Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.”

Angkatan Laut Amerika melakukan latihan “kebebasan navigasi” serupa melalui perairan luas yang memisahkan China dan Taiwan itu pada Juli lalu.

Latihan pada Senin itu berlangsung di tengah-tengah meningkatnya tekanan China terhadap Taiwan dalam beberapa bulan belakangan.

China memutuskan hubungan dengan pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu pada 2016, saat Presiden Tsai Ing-wen, pemimpin Partai Progresif Demokratik yang pro-kemerdekaan, mulai menjabat pada tahun tersebut dan menolak menerima prinsip “Satu China” yang dianut Beijing, yang menetapkan Taiwan berada di bawah pemerintahan China daratan.

China menyelenggarakan banyak latihan militer di Selat Taiwan, dan membujuk sejumlah negara untuk mengalihkan hubungan diplomatik dari Taiwan ke China.

China dan Taiwan terpisah setelah perang saudara 1949, sewaktu pasukan Nasionalis pimpinan Chiang Kai-shek berlindung di Taiwan setelah disingkirkan dari China daratan oleh pasukan Komunis pimpinan Mao Zedong. [uh]

XS
SM
MD
LG