Tautan-tautan Akses

Kapal Kargo Diluncurkan ke ISS Setelah 2 Hari Tertunda


Pesawat kargo Rusia Soyuz 2,1A terlihat berada di landasan peluncuran di fasilitas ruang utama Rusia di Baikonur, Kazakhstan, 11 Februari 2018. (Foto: Roscosmos Space Agency Press Service photo via AP)

Sebuah pesawat antariksa tanpa awak milik Rusia telah lepas landas menuju Stasiun Antariksa Internasional, dua hari setelah jadwal semula dibatalkan.

Kapsul antariksa itu ‘Progress’ membawa tiga ton pangan, BBM dan sejumlah pasokan lainnya. Kapsul itu masuk ke orbit delapan menit setelah lepas landas hari Selasa (13/2) dari kompleks antariksa Rusia di Baikonur, Kazakhstan.

Kapsul antariksa ‘Progress’ lepas landas dari kompleks antariksa Rusia di Baikonur, Kazakhstan, Selasa (13/2).
Kapsul antariksa ‘Progress’ lepas landas dari kompleks antariksa Rusia di Baikonur, Kazakhstan, Selasa (13/2).

Peluncuran hari Minggu yang dibatalkan itu bertujuan untuk menguji serangakaian cara baru bagi pengiriman cepat ke stasiun antariksa tersebut, dan bergandeng dengan stasiun antariksa itu dalam waktu kurang dari empat jam setelah peluncuran. Tetapi peluncuran pada hari Selasa ini akan mengikuti rute lebih panjang, dan akan bergandeng dengan pesawat antariksa itu dijadwalkan hari Kamis.

Baca juga: Peluncuran Pesawat Kargo Antariksa Rusia ke Stasiun Antariksa Internasional Dibatalkan

Enam astronot kini berada di stasiun antariksa itu yakni tiga warga Amerika, dua warga Rusia dan seorang warga Jepang. [mg/is]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG