Tautan-tautan Akses

Kantor Pos Khusus di Jerman Balas Ribuan Surat Sinterklas


Sinterklas bersama anak-anak di kantor pos Natal terpopuler di desa Himmelpfort (Heaven's Door), Berlin utara, Jerman, 14 November 2019. (Foto: dok).

Dekorasi Natal tampak sudah menghiasi sejumlah pertokoan, lagu Natal kembali terdengar dan tidak ketinggalan, Sinterklas yang kembali muncul di bulan Desember. Tahun ini sebuah kantor pos khusus yang berlokasi di Himmelpfort, kota kecil berpenduduk sekitar 500 jiwa di Jerman, akan kembali membalas ribuan surat yang ditujukan kepada Sinterklas, yang dikirim oleh anak-anak di seluruh dunia.

Sebagai bagian dari ajang tahunan yang dikelola Kantor Pos Jerman, Sinterklas dan 20 pembantunya membalas 277.200 pucuk surat yang dikirim oleh anak-anak dari 64 negara tahun lalu.

Mereka membalas surat tersebut dalam berbagai bahasa, termasuk juga huruf Braille dan membubuhkan cap pos Sinterklas pada setiap balasan surat tersebut.

Kantor pos Natal paling terkenal di Brandenburg Himmelpfort, Jerman, 15 November 2005. (Foto: dok).
Kantor pos Natal paling terkenal di Brandenburg Himmelpfort, Jerman, 15 November 2005. (Foto: dok).

Tradisi itu dimulai sejak 30 tahun lalu ketika beberapa pegawai pos di kota Himmelpfort yang berarti “pintu surga”, menerima dua surat yang ditujukan kepada Sinterklas pada tahun 1984. Karena tidak ingin mengecewakan pengirim surat yang masih berusia anak-anak itu, pegawai kantor pos kota Himmelpfort yang bernama Kornelia Matzke memutuskan untuk membalas surat tersebut sebelum hari Natal.

Berita tentang surat balasan dari Sinterklas itu menyebar dengan cepat dan tahun-tahun berikutnya semakin banyak surat buat Sinterklas berdatangan.

Pada tahun 1995, Matzke dan rekan-rekannya merasa kewalahan karena menerima ribuan surat yang ditujukan kepada Sinterklas. Kantor Pos Jerman, Deustche Post lalu mengambil alih tugas tersebut dan membuka sebuah kantor pos khusus Natal di kota kecil tersebut setiap tahun selama dua bulan. [lj/uh]

XS
SM
MD
LG