Tautan-tautan Akses

Kanselir Jerman Tekankan Pentingnya Hubungan dengan AS, China


Kanselir Jerman Angela Merkel di Berlin, 5 Mei 2021. (REUTERS/Annegret Hilse)

Kanselir Jerman Angela Merkel, Rabu (5/5) menekankan pentingnya hubungan yang dekat dengan Amerika Serikat. "Amerika Serikat adalah negara yang akan tetap menjadi mitra terpenting Eropa," kata Merkel di Berlin.

Kanselir Jerman itu berpidato di hadapan kongres digital mengenai hubungan trans-Atlantik yang diselenggarakan oleh blok partainya di parlemen, CDU/CSU.

Merkel mengakui hubungan dengan pemerintahan Trump tidak sebaik yang seharusnya, namun ia mengindikasikan bahwa hubungan membaik setelah kini Presiden Joe Biden berkuasa.

"Perkembangan terkait kerjasama trans-Atlantik adalah kini 'kembali berjalan’," kata Merkel. "Namun, ini berbeda dari 'bisnis pada umumnya'."

"Jelas bagi saya, bahkan semakin jelas selama menjalani tahun-tahun yang lebih sulit bahwa kita hanya dapat menemukan jawaban atas tugas-tugas bersama dan pertanyaan-pertanyaan akan masa depan dengan kerjasama yang lebih erat," Merkel menambahkan.

Merkel juga menekankan pentingnya hubungan dengan China. Kanselir Jerman itu menyatakan masalah global seperti perubahan iklim dan perdagangan tidak dapat diselesaikan tanpa keterlibatan China. [mg/ka]

Lihat komentar (3)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG