Tautan-tautan Akses

Kanselir Jerman: KTT Uni Eropa Hari Pertama Bahas Hubungan dengan Turki-Rusia dan UU Baru Hungaria


Kanselir Jerman Angela Merkel memberikan keterangan dalam konferensi pers pada hari kedua KTT Uni Eropa di gedung Dewan Eropa di Brussels, Belgia 25 Juni 2021. (Stephanie Lecocq/Pool via REUTERS)

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan para pemimpin Uni Eropa telah membahas berbagai topik pada hari pertama pertemuan puncak mereka di Brussels, termasuk hubungan dengan Turki, Rusia, dan undang-undang baru di Hungaria.

Para pemimpin Uni Eropa bentrok dengan perdana menteri Hungaria Viktor Orban dalam pertemuan puncak yang memanas Kamis mengenai undang-undang baru di negaranya yang akan melarang konten isu LGBT kepada anak-anak, tindakan yang menuai banyak kritik di seluruh kawasan itu dan membuat marah kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Angela Merkel mengatakan, "Tentu saja kami juga berbicara dengan perdana menteri Hungaria tentang isu homoseksualitas dan undang-undangnya. Kami semua memperjelas nilai-nilai fundamental apa yang kami junjung. Komisi (Uni Eropa) kini akan mempelajari lebih jauh undang-undang Hungaria itu."

Sebagian besar pemimpin bersikeras bahwa diskriminasi itu tidak boleh ditoleransi di blok 27 negara itu. Mereka memberi tahu Orban bahwa undang-undang baru Hungaria itu bertentangan dengan nilai-nilai fundamental Uni Eropa. [ka/uh]

Lihat komentar (6)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG