Tautan-tautan Akses

Kanselir Jerman Desak Aksi Iklim dalam Pesan Tahun Baru 


Kanselir Jerman Angela Merkel tiba untuk rapat kabinet di Berlin, Jerman, 18 Desember 2019.

Dalam pesan Tahun Baru, Kanselir Angela Merkel mengatakan kepada rakyat Jerman bahwa "segala sesuatu yang mungkin dilakukan secara manusiawi" harus dilakukan guna mengatasi perubahan iklim.

Dalam pesan tahunan yang disiarkan melalui televisi, dan teksnya dirilis menjelang siaran itu pada Selasa (31/12), Merkel mengatakan, ada alasan kuat untuk percaya diri pada 2020. Tetapi ia menunjuk tantangan seperti efek digitalisasi pada pekerjaan orang dan, terutama, perubahan iklim.

Merkel mengatakan itu adalah prinsip di balik paket kebijakan Jerman yang baru-baru ini disepakati untuk mengatasi perubahan iklim. Langkah itu mencakup sistem penetapan harga karbon dioksida untuk sektor transportasi dan pemanas dan menurunkan pajak pertambahan nilai untuk tiket kereta api jarak jauh.

Ia mengakui kecaman, baik dari orang-orang yang khawatir akan terbebani oleh langkah itu maupun dari mereka yang berpendapat mereka tidak banyak berbuat, tetapi menyatakan bahwa mereka memberi “kerangka kerja yang diperlukan.''

Jerman akan menjadi presiden bergilir Uni Eropa pada paruh kedua 2020. "Eropa harus lebih gencar bersuara," ujar Merkel. Ia berjanji mengupayakan itu semasa kepresidenan Uni Eropa. Ia menunjuk rencana pertemuannya dengan pimpinan China dan Afrika.

Merkel, pemimpin Jerman sejak 2005, mengatakan masa jabatan keempatnya sebagai kanselir ini adalah yang terakhir. [ka/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG