Tautan-tautan Akses

Kanselir Jerman akan Bertemu Putin di Moskow


Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Kanselir Jerman Angela Merkel saat bertemu di KTT G-20, Osaka, Jepang, 29 Juni 2019. (Foto: dok).

Kanselir Jerman Angela Merkel akan melakukan perjalanan ke Moskow pada hari Sabtu untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah dan tempat-tempat lain.

Juru bicara Merkel, Steffen Seibert, mengatakan Senin bahwa Kanselir Jerman itu akan membahas “berbagai pertanyaan internasional saat ini” dengan Putin, yang mencakup masalah-masalah di Suriah, Libya, Iran, Irak, Ukraina dan isu-isu bilateral.

Seibert mengatakan bahwa “Rusia adalah pemain penting di panggung dunia dan sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB, Rusia sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai konflik di dunia.” Jerman saat ini merupakan anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

Jerman dan Rusia adalah di antara kekuatan dunia yang telah berusaha untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir 2015 dengan Iran setelah Amerika menarik diri dari perjanjian itu secara sepihak pada tahun 2018.

Menteri Luar Negeri Heiko Maas akan menemani Merkel dalam lawatan ke Moskow itu, kata Seibert. [lt/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG