Tautan-tautan Akses

Kandidat Oposisi Memenangkan Pemilihan Wali Kota Istanbul


Ekrem Imamoglu, calon Wali Kota Istanbul dari partai oposisi Partai Rakyat Republik (CHP) menyalami penjual sayur di Istanbul, Turki, 29 Mei 2019.

Oposisi Turki menang telak dalam pemilihan ulang wali kota yang kontroversial. Kemenangan oposisi itu merupakan pukulan bagi Presiden Recep Tayyip Erdogan yang kehilangan cengkeraman kekuasaan di Istanbul selama 25 tahun.

Kandidat yang didukung Erdogan, Binali Yildirim, segera memberikan ucapan selamat kepada lawannya, Ekrem Imamoglu, atas kemenangan itu.

"Saingan saya unggul, dan saya memberinya ucapan selamat dan sukses," kata Yildirim. "Pemilu berarti demokrasi dan pemilu-pemilu ini mengungkap sekali lagi bahwa demokrasi berjalan dengan baik di Turki."

Erdogan juga memberi ucapan selamat kepada Imamoglu lewat twitter, "keinginan rakyat telah terwujud lagi," tulis Erdogan.

Hasil-hasil awal menunjukkan Imamoglu menaikkan margin kemenangannya menjadi lebih dari 700.000 suara dengan 54 persen dari total suara. Angka itu naik dari jajak pendapat Maret lalu yang memperlihatkan dia hanya menang tipis dengan selisih 13.000 suara. [vm/ft]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG