Tautan-tautan Akses

Kanada Setujui Penggunaan Vaksin Moderna


Seorang pekerja bereaksi saat divaksinasi dengan vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech, di Civic Hospital, Ottawa, Ontario, Canada, 15 Desember 2020. (Foto: Reuters/Adrian Wyld).

Otoritas kesehatan di Kanada, Rabu (23/12), menyetujui vaksin Covid-19 kedua. Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan akan memperpanjang penangguhan seluruh pesawat terbang dari Inggris karena varian baru Covid-19. Trudeau menyebut situasi itu “sangat serius.”

“Kami mendapat kabar bahwa Health Canada (Departemen Kesehatan Kanada.red) telah menyelesaikan kajian mereka atas vaksin Moderna dan mendapati bahwa vaksin itu aman dan efektif. Kanada memiliki proses kajian independen yang diakui luas internasional dan saya tahu pakar-pakar kesehatan terbaik kita menjunjung tinggi standar tertinggi ini," Trudeau dalam konferensi pers di kediamannya.

"Kini Health Canada telah menyetujui vaksin Moderna. Kami memberi lampu hijau untuk mulai melakukan vaksinasi di seluruh negara ini. Dosis pertama dari 40 juta dosis yang dipesan dari Moderna akan tiba dalam beberapa hari mendatang,” ujarnya.

Departemen Kesehatan Kanada mengatakan vaksin dari perusahaan bioteknologi Amerika, Moderna, aman untuk digunakan. Moderna mengatakan pihaknya mengantisipasi pengiriman ke Kanada dalam 48 jam.

Persetujuan ini hanya berselang dua minggu dari persetujuan atas vaksin buatan Pfizer-BioNTech pada 9 Desember lalu.

Sekitar 168 ribu dosis Moderna siap tiba pada akhir Desember ini dan dua juta dosis lainnya pada akhir Maret.

Kanada akan mendapat 40 juta dosis vaksin Moderna pada 2021, jumlah yang cukup untuk memvaksinasi 20 juta orang, atau sekitar dua per tiga orang dewasa di Kanada.

Vaksin Moderna menggunakan teknologi dasar yang sama dengan vaksin Pfizer-BioNTech. Sebagian besar vaksin tradisional menggunakan virus yang mati atau sudah dilemahkan, tetapi vaksin baru ini menggunakan potongan kode genetik Covid-19 untuk melatih sistem kekebalan untuk mendeteksi dan melawan virus. Keduanya membutuhkan dua dosis.

Vaksin Moderna dengan jarak empat minggu antara dosis pertama dan kedua. Vaksin Moderna ini dapat disimpan pada suhu freezer biasa, tidak perlu pada suhu ultra-dingin seperti vaksin Pfizer-BioNTech.

Dalam kesempatan yang sama Trudeau mengumumkan Kanada akan memperpanjang penangguhan sementara kedatangan penumpang pesawat terbang dari Inggris selama dua minggu ke depan, tepatnya hingga 6 Januari. Sebelumnya penerbangan-penerbangan dari Inggris telah dilarang masuk ke Kanada selama tiga hari.

“Ada varian baru penyakit ini di tempat-tempat seperti Inggris. Situasi ini sangat serius,” ujar Trudeau. [em/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG