Tautan-tautan Akses

Kanada Balas Usir Duta Besar Venezuela


Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland memberikan pernyataan dalam pertemuan tingkat menteri ASEAN-KANADA, di Pasay, selatan Manila, Filipina, 6 Agustus 2017.

Kanada, Senin (25/12), mengusir duta besar dan kuasa usaha Venezuela sebagai pembalasan atas diusirnya Duta Besar Kanada di Venezuela, kantor berita AFP melaporkan.

“Sebagai tanggapan atas tindakan rezim (presiden) Maduro ini, saya mengumumkan bahwa Duta Besar Venezuela di Kanada, tidak boleh lagi berada di Kanada. Saya juga menyatakan kuasa usaha Venezuela sebagai “persona non grata,” kata Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland.

Ia mencatat bahwa Duta Besar Venezuela, Wilmer Omar Barrientos Fernandez, “telah ditarik pulang oleh pemerintahnya”, sebagai protes atas sanksi-sanksi yang diumumkan Kanada terhadap sejumlah pejabat Venezuela yang terlibat korupsi dan pelanggaran HAM.

Kanada, Amerika, Eropa dan kebanyakan negara Amerika Latin mengutuk apa yang mereka sebut sebagai pelanggaran HAM dan demokrasi, di negara Amerika Selatan yang tadinya kaya karena ekspor minyak, tapi kini berada di jurang kebangkrutan. [ii]

XS
SM
MD
LG