Tautan-tautan Akses

Kalender Satukan Kristen Barat dan Ortodoks Dalam Paskah


Paus Francis berjalan melewati bunga saat merayakan Misa Paskah, di Lapangan Santo Petrus, di Vatikan, 16 April 2017.
Paus Francis berjalan melewati bunga saat merayakan Misa Paskah, di Lapangan Santo Petrus, di Vatikan, 16 April 2017.

Umat Kristen di seluruh dunia hari Minggu merayakan Paskah, yang dipercaya sebagai hari kebangkitan Yesus dari kematian, hari paling suci dalam kalender Kristen. Massa rela menjalani pemeriksaan ketat keamanan untuk sampai ke alun-alun Santo Petrus Vatikan yang sarat bunga untuk Misa Paskah dan menyimak pesan tahunan Paus Fransiskus 'Urbi et Orbi' - 'untuk kota dan dunia.'

Paus Fransiskus mengecam perlakuan terhadap migran, orang miskin dan orang yang terpinggirkan. Ia mengatakan, "martabat kemanusiaan disalib" setiap hari melalui ketidakadilan dan korupsi. Dalam doa, Paus meminta perdamaian di Timur Tengah "mulai dari Tanah Suci, sampai ke Irak dan Yaman." Ia berharap, pengorbanan Yesus akan menginspirasi para pemimpin dunia untuk 'mempertahankan upaya semua orang yang secara aktif terlibat dalam menghadirkan kenyamanan dan bantuan kepada penduduk sipil di Suriah, mangsa perang yang terus menabur horor dan kematian.”

Di Florida, Presiden Amerika Donald Trump menghadiri misa Paskah di gereja di Palm Beach, didampingi Ibu Negara Melania Trump, putrinya Tiffany dan putranya, Barron. Orangtua Melania Trump juga hadir. Gereja Episkopal Bethesda-by-the-Sea itu adalah tempat presiden dan ibu negara menikah tahun 2005.

Paskah jatuh pada tanggal berbeda setiap tahun. Gereja-gereja Kristen Barat merayakan Paskah pada hari Minggu pertama setelah bulan purnama. Namun tahun ini, Paskah bagi umat Katolik Roma dan Protestan bersamaan dengan gereja-gereja Ortodoks. Kedua Paskah biasanya terpisah beberapa minggu, dengan gereja Kristen Barat mengikuti kalender Gregorian, sedangkan Ortodoks Timur menggunakan kalender Julian yang lebih tua.

Di Yerusalem, misa matahari terbit berlangsung di Garden Tomb, di mana jemaat menyanyikan himne kebangkitan. Sepanjang hari, massa dari denominasi berbeda, Kristen Barat dan Timur berdampingan dalam ruang suci yang sama.

Kota Tua itu juga didatangi peziarah Yahudi yang merayakan Passover.[ka]

XS
SM
MD
LG