Tautan-tautan Akses

Kafilah Migran Tiba di Meksiko Tengah


Karavan Migran dari Amerika tengah, menerima bantuan pangan di Celaya, Meksiko, 11 November 2018. (Foto: dok).

Migran dari negara-negara Amerika Tengah terus bergerak ke arah Amerika Serikat, kadang-kadang dengan bantuan para pengemudi yang menuju utara.

Hari Minggu karavan itu tiba di Irapuato, sebuah kota pertanian sekitar 100 kilometer sebelah utara Queretaro tempat kelompok itu menghabiskan Sabtu malam.

Meskipun penegak hukum Meksiko tidak menyediakan sarana transportasi bagi karavan itu, polisi membantu mereka mendapat tumpangan dari kendaraan yang lewat dan menuju ke arah utara.

Pemerintah Queretaro mengatakan dalam cuitan di Twitter bahwa 6.531 migran telah meninggalkan negara bagian itu antara Jumat dan Sabtu, dan 5.771 lagi berangkat Minggu pagi dari tempat penampungan yang mereka tinggali.

Meskipun karavan itu masih berada di tempat yang berjarak lebih dari 2.500 kilometer dari perbatasan Amerika, rute yang diambil menunjukkan bahwa para migran itu sedang mengincar kota Tijuana, Meksiko di seberang perbatasan kota San Diego di Amerika.

Banyak migran yang telah berada di jalan selama berminggu-minggu. Mereka mengklaim terpaksa meninggalkan negara asal mereka karena kemiskinan, kekerasan geng dan ketidakstabilan politik.

Mereka terutama berasal dari negara-negara Honduras, Guatemala, El Salvador dan Nikaragua di Amerika Tengah. [lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG