Tautan-tautan Akses

Kabinet Italia Percepat Reformasi Anggaran


Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi
Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi

Menjelang forum G20, Kabinet Italia mengadakan rapat darurat mengenai langkah-langkah mempercepat reformasi dan menghindarkan krisis keuangan.

Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi diperkirakan akan menghadapi tekanan gencar dari para pemimpin G20 untuk melaksanakan seperangkat reformasi konkrit agar pasar keuangan tidak harus menurunkan nilai obligasi Italia. Suku bunga pinjaman Italia terus meningkat sebagai akibat kegoncangan pasar di Zona Euro yang disebabkan oleh Yunani.

Berlusconi mengadakan rapat dengan para pejabat tinggi dan menteri menjelang rapat kabinet, tetapi tidak dapat mendorong mereka mencapai konsensus mengenai dekrit darurat bagi Italia.

Pernyataan resmi mengatakan kabinet telah menjajaki seperangkat langkah pemerintah untuk menghindarkan krisis keuangan dan telah menyetujui amandemen anggaran, tetapi pernyataan tersebut tidak mengungkapkan perinciannya. Kesepakatan mengenai masalah yang dipertentangkan, seperti tentang reformasi pasar tenaga kerja atau pajak terhadap golongan kaya, tidak tercapai.

Perdana Menteri Berlusconi telah menjadi sasaran kecaman atas caranya menangani krisis keuangan Italia dan kegagalannya meloloskan reformasi ekonomi yang menentukan.

XS
SM
MD
LG