Tautan-tautan Akses

Kaavan si Gajah Tak Kesepian Lagi


Kaavan, seekor gajah Asia memulai hidup baru di Kamboja (foto: dok).

Seekor gajah Asia yang dijuluki "paling kesepian di dunia" pada awal Desember telah berkumpul dengan gajah lain untuk pertama kalinya dalam delapan tahun. Gajah bernama Kaavan itu dipindah ke sebuah suaka margasatwa Kamboja, setelah dikurung bertahun-tahun di sebuah kebun binatang di Pakistan. Kepindahannya tak lepas dari campur tangan penyanyi legendaris AS, Cher.

Pada akhir November, para aktivis hak-hak hewan dan musisi berkumpul di Kebun Binatang Islamabad untuk mengucapkan selamat tinggal kepada "gajah yang paling kesepian di dunia."

Dr. Amir Khalil adalah seorang aktivis Four Paws International, organisasi yang membantu pembebasan Kaavan. "Gajah itu secara fisik layak untuk diterbangkan ke Kamboja. Tapi di sisi lain, gajah itu masih memerlukan banyak perhatian medis."

Kaavan berusia satu tahun ketika dihadiahkan kepada Pakistan oleh Sri Lanka 35 tahun lalu. Kaavan telah dirantai selama bertahun-tahun dalam kandang yang kurang layak dan dipaksa tampil di depan pengunjung kebun binatang yang tak dikelola dengan baik.

Isu soal Kaavan mengundang perhatian penyanyi dan aktris ikonik Amerika Cher. Pada 2016 dia meluncurkan sebuah kampanye dan berhasil membantu pembebasan gajah itu.

Cher mengunjungi Pakistan semalam sebelum keberangkatan Kaavan ke sebuah suaka margasatwa di Kamboja.

Yayasan amal Cher, Free the Wild, bekerja sama dengan Four Paws International, kelompok kesejahteraan hewan global yang berbasis di Austria, untuk mengurus kepindahan Kaavan.

Pada upacara perpisahan, gajah itu dihibur oleh seorang penyanyi Pakistan yang menyanyikan sebuah puisi yang seolah-olah menyuarakan perasaan Kaavan selama dikurung bertahun-tahun di kebun binatang itu.

Four Paws International pada awal Desember merilis sebuah foto yang memperlihatkan Kaavan menyentuh seekor gajah lain dengan belalainya di Siem Reap, Kamboja.

โ€œKini kita bisa menyebutnya sebagai "mantan gajah paling kesepian di dunia! Melihat Kaavan berinteraksi dengan gajah lain merupakan sebuah momen besar bagi kami, terutama bagi Kaavan," cuitnya. [vm/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG