Tautan-tautan Akses

Jumlah Korban Tewas Topan Idai Meningkat, Penyelamatan Berlanjut


Foto yang diambil dari udara memperlihatkan kerusakan akibat Topan Idai di Beira, Mozambik, 23 Maret 2019.

Korban tewas di Mozambik, Sabtu (23/3), meningkat melampaui 400, sementara upaya bantuan dan penyelamatan berlanjut seminggu setelah Topan Idai menghancurkan bagian Afrika selatan, kata seorang pejabat pemerintah.

Ketika kelompok-kelompok bantuan, didampingi militer Afrika Selatan dan India, terbang di atas Mozambik untuk mencari orang hilang, di darat mereka berjuang untuk membantu puluhan ribu orang.

Menteri Pertanahan dan Lingkungan Mozambik Celso Correia mengatakan situasinya "masih kritis, namun membaik." Ia mengatakan sekitar 1.500 orang harus diselamatkan dari atap dan pohon dan sekitar 89.000 orang memadati kamp-kamp pengungsian.

Correia mengatakan 417 kematian dikonfirmasi di Mozambik, meningkatkan jumlah kematian di sana dan di negara tetangga Zimbabwe dan Malawi selatan menjadi 676. Pekerja bantuan mengatakan jumlah pastinya akan meningkat sewaktu banjir menyurut. Sekitar 1,7 juta orang terimbas badai, salah satu yang paling kuat yang menyerang wilayah ini dalam beberapa dekade. [my]

XS
SM
MD
LG