Tautan-tautan Akses

Jumlah Korban Tewas Naik Jadi 6 Akibat Gempa di Taiwan


Sebuah gedung hunian bersandar pada lantai satunya yang ambruk akibat gempa bumi yang mengguncang kawasan Hualien, Taiwan selatan, 7 Februari 2018. (Foto: dok).

Tim-tim SAR di Taiwan, Rabu (7/2), masih terus melakukan pencarian korban di tengah reruntuhan bangunan menyusul gempa bumi, Selasa (6/2).

Enam orang dilaporkan tewas dan sedikitnya 225 lainnya cedera setelah gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter mengguncang kota pantai Hualien, hampir menjelang tengah malam, Selasa.

Hualien adalah kota pantai yang banyak dikunjungi wisatawan. Kota di pantai timur Taiwan itu berpenduduk sekitar 100 ribu orang.

Gempa itu membelah jalan-jalan, dan membuat sekitar 40 ribu rumah tanpa suplai air dan sekitar 2.000 rumah tanpa aliran listrik.

Tim-tim SAR mencari sedikitnya 145 orang yang masih dinyatakan hilang dari sebuah kompleks apartemen yang sebagian runtuh dan saat ini berada dalam posisi miring.

Menurut laman resmi Facebook-nya, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berada di Hualien untuk mengevaluasi usaha-usaha penyelamatan.

Taiwan terletak di persimpangan dua lempeng tektonik dan seringkali dihantam gempa bumi.

Gempa Selasa bertepatan dengan peringatan dua tahun gempa berkekuatan 6,4 SR yang menewaskan 117 orang. Lebih dari 2.000 orang tewas akibat gempa bumi 7,6 SR yang mengguncang Taiwan pada 1999. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG