Tautan-tautan Akses

Jumlah Kasus Baru Corona Harian di India Bukukan Rekor Baru


Petugas medis berkunjung ke sebuah bangunan di salah satu kawasan kumuh terbesar di Asia, Dharavi, Mumbai, India, untuk melakukan pencarian warga dengan gejala Covid-19, 7 Agustus 2020. (Foto: dok).

India membukukan rekor baru peningkatan kasus virus corona harian, Kamis (20/8). Negara itu menemukan 69.652 kasus baru dalam 24 jam terakhir menyusul usahanya untuk meningkatkan jumlah tes harian hingga lebih dari 900.000.

Kementerian Kesehatan India mengatakan, dengan penemuan kasus-kasus baru itu, jumlah kasus di negara itu kini melampaui 2,8 juta. Kementerian itu juga mencatat 977 kematian terkait virus corona dalam 24 jam terakhir, sehingga jumlah kematian totalnya kini hampir mencapai sekitar 54.000.

Banyak pakar medis menduga jumlah kasus Covid-19 di India jauh lebih tinggi daripada yang tercatat saat ini. Menurut mereka, dengan jumlah penduduk 1,4 miliar, atau tertinggi kedua di dunia, India masih dianggap belum melangsungkan tes dalam jumlah yang memadai.

Seorang petugas kesehatan (kiri) mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), melakukan tes swab untuk Covid-19 di Mumbai, 19 Agustus 2020. (Foto: INDRANIL MUKHERJEE / AFP)
Seorang petugas kesehatan (kiri) mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), melakukan tes swab untuk Covid-19 di Mumbai, 19 Agustus 2020. (Foto: INDRANIL MUKHERJEE / AFP)

Dalam jumlah kasus, posisi India di belakang AS dan Brazil, sedangkan dalam jumlah kematian, India kini menempati posisi tertinggi keempat di dunia. Posisinya hanya di belakang AS, Brazil dan Meksiko.

Lockdown nasional yang diberlakukan pada akhir Mei lalu telah mulai dilonggarkan, dan kini hanya diberlakukan di kawasan-kawasan berisiko tinggi.

Pada Rabu (20/8), pihak berwenang mengizinkan pembukaan kembali hotel-hotel dan pasar-pasar mingguan di ibu kota India, setelah tutup hampir empat bulan. Situasi kini membaik di New Delhi dengan hanya 12 kematian dilaporkan dalam 24 jam terakhir.

Empat dari 28 negara bagian di India dilaporkan paling parah dilanda wabah virus corona. Maharashtra di bagian barat India, Tamil Nadu, Andhra Pradesh dan Karnataka menyumbang sekitar 55 persen jumlah total kasus di India. Sekitar 63 persen kasus kematian terkait virus corona di negara itu dilaporkan terjadi di empat negara bagian tersebut. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG