Tautan-tautan Akses

Julius Baer Sepakat Bayar Denda $70 Juta Terkait Skandal Korupsi FIFA


Bank swasta Swiss Julius Baer, ​​telah menyetujui tawaran penyelesaian yang diajukan Departemen Kehakiman AS dan bersedia membayar denda sebesar 79,7 juta dolar. (Foto: ilustrasi).

Sebuah bank Swiss, yang terlibat dalam skandal korupsi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), menyatakan pihaknya telah menyetujui tawaran penyelesaian yang diajukan Departemen Kehakiman AS dan bersedia membayar denda sebesar 79,7 juta dolar.

Julius Baer yang berbasis di Zurich mengatakan, berdasarkan kesepakatan tersebut berarti bank tersebut menyetujui perjanjian penangguhan penuntutan selama tiga tahun. Penyelesaian keuangan akan dibebankan pada rekening bank itu untuk tahun 2020.

Julies Baer bekerja sama dengan pihak berwenang Amerika sejak 2015 sewaktu skandal korupsi dalam dunia sepak bola internasional terungkap.

Seorang mantan bankir di Julius Baer mengaku bersalah pada 2017 di New York karena mengelola akun-akun yang mencuci uang suap dari para pejabat sepak bola Amerika Selatan. Mereka termasuk Julio Grondona dari Argentina, yang merupakan mantan wakil presiden dan ketua komite keuangan FIFA ketika dia meninggal pada 2014.

Julies Baer mengatakan, Senin (9/11), pihaknya bereaksi terhadap penyelidikan itu dengan mengurangi risiko bisnis, termasuk dengan memutus hubungan dengan sejumlah individu tertentu.

Julius Baer juga dihukum pada Februari oleh badan pengawas keuangan Swiss karena dianggap tidak memerangi praktik pencucian uang.

Sejak investigasi digelar Amerika, telah lebih dari 40 pejabat sepak bola dan pemasaran, serta lembaga, yang dinyatakan bersalah, membuat pengakuan bersalah atau didakwa. Beberapa di antara mereka sedang menunggu hukuman atau ekstradisi dari negara asal mereka. [ab/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG