Tautan-tautan Akses

Juara Tertua Olimpiade Merayakan Ulang Tahun ke-99


Agnes Keleti, mantan atlet senam Hongaria, peraih medali emas Olimpiade, menunjukkan fleksibilitasnya saat berfoto bersama putranya Rafael di apartemennya di Budapest, Hongaria, Rabu, 8 Januari 2020.

Walau Agnes Keleti memasuki usia 99 tahun, Kamis (9/1), seorang anak berusia sembilan tahun pun akan kesulitan untuk menyamai energi dan antusiasmenya.

Keleti adalah juara tertua Olimpiade yang masih hidup dan penyintas Holocaust. Ia memenangkan 10 medali Olimpiade dalam cabang olah raga senam, termasuk lima medali emas pada Olimpiade di Helsinki pada tahun 1952 dan di Melbourne pada tahun 1956.

Agnes Keleti. (Foto: dok).
Agnes Keleti. (Foto: dok).

Saat berbicara pada malam sebelum ulang tahunnya di apartemennya yang elegan di Budapest, Keleti hampir-hampir tidak ingin menyebut-nyebut prestasi dan umurnya yang panjang, termasuk petualangan, keberhasilan besar dan tragedi.

Sebagian keluarga Keleti menjadi korban Holocaust. Dia selamat dari tragedi karena menggunakan identitas palsu dan bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Ibu dan kakak perempuannya selamat, sedangkan ayah dan pamannya tewas di Auschwitz bersama 550 ribu warga Yahudi Hungaria yang tewas di kamp-kamp Nazi, di kamp kerja paksa di Hungaria, di ghetto atau ditembak mati dan dibuang ke Sungai Danube.

Keleti memulai kariernya sebagai pesenam saat berusia empat tahun dan memenangkan medali Olimpiade saat berusia 31 tahun dan 35 tahun. [lj/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG