Tautan-tautan Akses

Jika Terpilih Lagi, Netanyahu akan Aneksasi Semua Permukiman Yahudi di Tepi Barat


Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu dalam konferensi pers di Yerusalem (1/4).
Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu dalam konferensi pers di Yerusalem (1/4).

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu mengatakan, kalau terpilih lagi, ia akan menganeksasi semua permukiman Yahudi di kawasan Tepi Barat yang diduduki Israel.

Kata Netanyahu kepada stasiun TV Israel, Israel akan “mengambil langkah selanjutnya” dan mengambil-alih kawasan Tepi Barat dan memberlakukan kedaulatan Israel di sana.

"Semua permukiman Yahudi di Tepi Barat akan kami perlakukan sebagai kawasan Israel dan kami tidak akan menyerahkannya kepada Palestina,” kata Netanyahu.

Komentar Netanyahu itu menarik bagi partai-partai kecil yang ekstrim kanan yang keberatan menyerahkan kawasan Tepi Barat kepada Palestina. Perundingan damai antara Israel dan Palestina macet sejak tahun 2014 karena masalah pembangunan permukiman Yahudi di kawasan yang direbutnya dalam perang tahun 1967.

Juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Nabil Abu Rudineh mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa “tindakan atau pengumuman apapun tidak akan mengubah kenyataan, bahwa permukiman Yahudi itu illegal dan akan dibongkar.” (ii)

XS
SM
MD
LG