Tautan-tautan Akses

Jerman Selidiki 4 Perempuan Jerman yang Ditahan di Irak


Seorang serdadu berjaga-jaga saat beberapa perwira dari unit kontraterorisme Irak menonton video yang dipancarkan dari drone dalam sebuah rapat dengan pasukan Irak di garis depan di Kota Tua Mosul Barat, Irak, 27 Juni 2017 (foto: REUTERS/Erik De Castro)

Pihak berwenang Jerman sedang berusaha menentukan apakah empat perempuan Jerman, termasuk seorang remaja, yang ditahan di Irak atas tuduhan simpatisan ISIS dapat pulang ke negara mereka.

Mereka, antara lain, Linda Wenzel yang berusia 16 tahun yang melarikan diri dari rumah orang tuanya setelah beralih agama ke Islam dan ditemukan oleh pasukan Irak di Mosul bulan lalu.

Seorang jurubicara Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan para diplomat baru-baru ini mengunjungi dua dari perempuan itu di Baghdad dan menentukan mereka dalam keadaan baik mengingat keadaan tempat mereka berada.

Martin Schaefer mengatakan hari Senin bahwa Jerman berkewajiban menyediakan bantuan kedutaan kepada perempuan tersebut dan ingin menemukan solusi yang baik yang sesuai dengan kepentingan mereka termasuk pulang ke Jerman kalau mereka menghendakinya.

Tetapi ia menambahkan bahwa “kami harus memastikan bahwa tidak ada ancaman yang ditimbulkan ke-4 perempuan itu setelah kemungkinan kembali ke Jerman. [gp]

XS
SM
MD
LG