Tautan-tautan Akses

Jerman, Korea Selatan Sepakat Tingkatkan Kerjasama Rantai Pasokan


Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol memberikan konferensi pers bersama di Seoul, Korea Selatan Minggu (21/5).
Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol memberikan konferensi pers bersama di Seoul, Korea Selatan Minggu (21/5).

Pemimpin Jerman dan Korea Selatan hari Minggu (21/5) berjanji akan lebih bekerja sama untuk membangun rantai pasokan industri yang stabil dan mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh Korea Utara, yang memiliki senjata nuklir.

Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol menyampaikan ini ketika bertemu kembali di Seoul, setelah menyelesaikan pertemuan G7 di Hiroshima, Jepang.

Segera setelah mendarat di Seoul, Scholz mengunjungi sisi selatan perbatasan yang memisahkan kedua Korea dan dijaga sangat ketat. Ia mengimbau Korea Utara agar menghentikan aktivitas uji rudalnya.

“Peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara itu tidak saja melanggar hukum internasional, tetapi juga menjadi beban warga Korea Selatan, Jepang dan seluruh kawasan,” ujar Scholz.

Scholz menambahkan perpecahan Jerman menjadi dua negara telah berakhir lebih dari 30 tahun lalu, tetapi “tetap menjadi kenyataan pahit bagi sahabat-sahabat Korea kita.” “Ini adalah pengalaman yang menyatukan kita,” ujarnya.

Yoon dan Scholz adalah sebagian dari pemimpin yang ikut serta dalam KTT G7 di Hiroshima, Jepang, yang diramaikan dengan kedatangan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Mereka membahas cara melawan invasi berkepanjangan Rusia ke negaranya. [em/ka]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG