Tautan-tautan Akses

Jerman Kecam Penyadapan AS atas Kanselir Merkel


Multimedia Image Title 2014-11-12 10:13:19.1 UTC
Multimedia Image Title 2014-11-12 10:13:19.1 UTC

Jerman mengirim pejabat intelijen ke Amerika untuk membahas tuduhan pemantauan Amerika atas telepon genggam di Jerman termasuk yang digunakan kanselir Angela Merkel.

Harian Jerman Bild am Sonntag hari Minggu (27/10) mengutip Menteri Dalam Negeri Hans-Peter Friedrich yang mengatakan tuduhan-tuduhan itu telah mengguncang kepercayaan Jerman terhadap Amerika sekutu lamanya.

Friedrich mengatakan kepada harian itu “jika Amerika menyadap percakapan telepon genggam di Jerman mereka melanggar hukum Jerman” dan mengatakan hal itu merupakan “pelanggaran kedaulatan Jerman yang tidak bisa diterima”.

Bild am Sonntag mengutip pejabat NSA Amerika yang tidak disebut namanya yang mengatakan Presiden Barack Obama mendapat penjelasan dari NSA tahun 2010 yang memberitahunya bahwa mata-mata Amerika memantau percakapan telepon genggam Kanselir Merkel.

Sumber harian itu mengatakan Presiden Obama membiarkan operasi itu berlanjut.

Angela Merkel mengeluhkan pemantauan NSA terhadap komunikasinya dalam percakapan telepon dengan Presiden Obama hari Rabu. Juru bicara Merkel mengatakan ia memberitahu Presiden Obama praktek-praktek itu merupakan “pelanggaran keras kepercayaan”.

Gedung Putih mengatakan saat ini tidak memantau telepon genggam Merkel dan tidak akan melakukannya di masa yang akan datang. Tapi Gedung Putih tidak mengomentari apakah NSA memantau peralatan komunikasinya di masa lalu.

Recommended

XS
SM
MD
LG