Tautan-tautan Akses

Jepang Tetap Dukung WHO Selama Pandemi Covid-19


Mengenakan masker, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggalkan konferensi pers di kediaman resmi perdana menteri di Tokyo, Jumat, 17 April 2020. (Foto: AP)

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Jumat (17/4), mengatakan tidak pernah akan berpikir untuk mengurangi pendanaan bagi Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) di saat badan tersebut sedang berjuang melawan virus corona.

Hal tersebut dikatakan Abe ketika menjawab pertanyaan wartawan tentang keputusan Presiden Trump pada minggu ini untuk menghentikan sementara bantuan bagi WHO. Trump menuduh badan internasional itu gagal dalam menangani Covid-19.

Abe mengatakan, WHO adalah satu-satunya organisasi yang memimpin perjuangan internasional untuk melawan pandemi itu. Ia mengatakan kita harus mengenyampingkan politik supaya bisa memusatkan perhatian melindungi kesehatan rakyat.

Menurut perdana menteri Jepang itu, ia melihat ada berberapa masalah dalam organisasi WHO yang perlu dibahas. Setelah pandemi ini berakhir, ia akan mendukung diadakannya peninjauan “yang sah” atas WHO. [ii/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG