Tautan-tautan Akses

Jepang Taklukan Spanyol 2-1; Maroko Juara Grup F


Sejumlah pemain timnas Jepang merayakan kemenangan mereka terhadap Spanyol dalam pertandingan terakhir Grup E Piala Dunia 2022 Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, pada 1 Desember 2022. (Foto: AP/Julio Cortez)
Sejumlah pemain timnas Jepang merayakan kemenangan mereka terhadap Spanyol dalam pertandingan terakhir Grup E Piala Dunia 2022 Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, pada 1 Desember 2022. (Foto: AP/Julio Cortez)

Ritsu Doan dan Ao Tanaka memberikan Jepang kemenangan yang menakjubkan 2-1 atas Spanyol dalam pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12). Dengan hasil tersebut, kedua tim dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Jepang berada di puncak klasemen Grup E dan selanjutnya akan menghadapi Kroasia. Sementara itu, Spanyol, yang sama-sama mengoleksi empat poin dengan Jerman dalam klasemen akhir Grup E namun unggul dalam selisih gol, akan berhadapan dengan Maroko.

Pemain penyerang Alvaro Morata membuat Spanyol unggul terlebih dahulu pada menit ke-12 ketika ia menanduk umpan silang Cesar Azpilicueta untuk mencetak gol ketiganya dalam ajang Piala Dunia kali ini.

Jepang lalu menyamakan kedudukan saat babak kedua baru berjalan selama tiga menit melalui pemain sayap Doan yang mencetak gol dari luar kotak penalti. Gelandang Tanaka mencetak gol kemenangan pada menit ke-51, walaupun gol tersebut sempat melalui pemeriksaan rekaman video yang lama untuk dinyatakan sah.

Maroko Ungguli Kanada

Sementara itu, dua gol yang berhasil dicetak di babak pertama membawa Maroko ke posisi teratas Grup F Piala Dunia 2022, dengan hasil akhir kemenangan 2-1 terhadap Kanada dalam pertandingan yang digelar di Stadion Al Thumama pada Kamis (1/12).

Susah Ngga Ya: 'Nobar' Piala Dunia di Washington, D.C.
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:36 0:00

Maroko sempat grogi setelah mengalami kebobolan akibat gol bunuh diri di menit ke-40.

Maroko bertengger di puncak klasemen Grup F dengan raihan tujuh poin, dua poin lebih banyak dari runner-up Kroasia, untuk mengamankan tiket fase gugur. Raihan tersebut merupakan pencapaian kedua bagi Maroko di mana mereka berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia setelah berhasil meraih hasil serupa 36 tahun lalu. Maroko menjadi negara Afrika pertama yang berhasil lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia Meksiko pada 1986. [lt/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG