Tautan-tautan Akses

Jepang Protes Kehadiran Kapal-Kapal China dekat Kepulauan di Laut China Timur


Kapal-kapal China berada di sekitar pulau-pulau Senkaku yang dikuasai Jepang, namun juga diklaim oleh China (foto: dok).
Kapal-kapal China berada di sekitar pulau-pulau Senkaku yang dikuasai Jepang, namun juga diklaim oleh China (foto: dok).

Jepang memanggil para diplomat China hari Sabtu (6/8) untuk memrotes enam kapal pengawal pantai China yang mendekati kepulauan Laut China Timur, mendampingi armada ratusan kapal penangkap ikan China.

Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan dalam pernyataan bahwa Jepang mengajukan protes setelah pengawal pantai Jepang melihat kapal-kapal China itu hari Sabtu beserta armada 230 kapal penangkap ikan China berada di sekitar pulau-pulau Senkaku yang dikuasai Jepang. China juga mengklaim pulau-pulau tersebut, yang disebutnya Diaoyu.

Jepang menuntut agar kapal-kapal itu meninggalkan daerah tersebut. Tiga dari kapal pengawal pantai China itu mempunyai apa yang tampaknya perangkat senjata, kata Kementerian Luar Negeri Jepang.

Armada China itu belum memasuki wilayah perairan Jepang sebegitu jauh, katanya.

Ketika ditanya mengenai pernyataan Jepang, Kementerian Luar Negeri China menyatakan lagi sikapnya bahwa pulau-pulau itu adalah “wilayah sejati China” dan China mempunyai “kedaulatan yang tidak dapat diganggu-gugat” atas kepulauan tersebut dan perairan sekitarnya.

Dalam pernyataan, jurubicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying meminta kepada Jepang agar “jangan mengambil tindakan yang dapat menimbulkan ketegangan atau keadaan yang sulit.” [gp]

Recommended

XS
SM
MD
LG