Tautan-tautan Akses

Jepang Konfirmasi Kasus Pertama Virus Corona Varian Baru


Seorang pria duduk di dekat jendela ketika orang-orang yang mengenakan masker berjalan di sepanjang penyeberangan pejalan kaki di distrik Shibuya pada 30 September 2021, di Tokyo. (Foto: AP)

Jepang, Selasa (30/11), mengkonfirmasi kasus pertama virus corona varian baru, omicron, di negara itu, yakni seorang pengunjung yang baru-baru ini tiba dari Namibia, kata seorang pejabat.

“Ini adalah kasus pertama omicron yang ditemukan di negara kami. Kementerian kesehatan melaporkan bahwa pasien dikarantinakan di fasilitas yang telah ditetapkan,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno.

Ia menambahkan bahwa pasien tersebut, seorang lelaki berusia 30-an, dites positif setibanya di bandara pada Minggu (28/11). Ia kemudian diisolasi dan kini sedang dirawat di rumah sakit.

Sebuah analisis genom mengkonfirmasi pada Selasa (30/11) bahwa ia terinfeksi varian baru, yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan.

Jepang, Senin (29/11), mengumumkan tentang pelarangan semua pengunjung asing mulai Selasa (30/11) sebagai tindakan pencegahan darurat terhadap varian itu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin (28/11) memperingatkan bahwa risiko global dari varian omicron “sangat tinggi” berdasarkan bukti awal, dan menyatakan ini dapat menyebabkan lonjakan kasus dengan “konsekuensi serius.” [uh/ab]

XS
SM
MD
LG