Tautan-tautan Akses

Jepang Batalkan Latihan Evakuasi Hadapi Ancaman Misil Korut


Warga Jepang melakukan latihan evakuasi sipil menghadapi ancaman misil Korea Utara di Tokyo, 22 Januari 2018 lalu.
Warga Jepang melakukan latihan evakuasi sipil menghadapi ancaman misil Korea Utara di Tokyo, 22 Januari 2018 lalu.

Jepang berencana untuk membatalkan latihan evakuasi sipil yang dilakukan guna meningkatkan kesiagaan dalam menghadapi ancaman misil Korea Utara.

Sejumlah pejabat Jepang mengatakan, pemerintah sebelumnya telah menetapkan sembilan latihan evakuasi tahun ini. Latihan yang dimulai tahun lalu ini digelar menyusul meningkatnya kekhawatiran akan terjadinya serangan dari Korea Utara, mengingat Pyongyang sering melakukan uji misil di dekat atau di atas pulau-pulau di Jepang.

Sekretariat Kabinet yang bertanggungjawab menangani krisis mengatakan pengumuman resmi mengenai pembatalan latihan itu diperkirakan akan segera disampaikan.

Pihak berwenang mengambil keputusan itu menyusul perkembangan diplomatik baru-baru ini yang tampaknya menunjukkan bahwa prospek serangan misil dari Korea Utara menyusut pada saat ini.

Dalam pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjanji akan berusaha melakukan denuklirisasi Semenanjung Korea. Washington juga telah mengumumkan akan menghentikan latihan militer bersama dengan Korea Selatan yang sebelumnya dijadwalkan berlangsung musim panas ini.

Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga pekan lalu mengatakan kepada wartawan, KTT Trump-Kim telah secara signifikan meredakan situasi keamanan di Jepang. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG