Tautan-tautan Akses

Jenazah Senator McCain Disemayamkan di Gedung Kongres AS


Para pelayat mengelilingi peti jenazah Senator AS John McCain yang disemayamkan dengan upacara kehormatan di Rotunda Gedung Capitol, Washington,D.C., AS, 31 Agustus 2018.
Para pelayat mengelilingi peti jenazah Senator AS John McCain yang disemayamkan dengan upacara kehormatan di Rotunda Gedung Capitol, Washington,D.C., AS, 31 Agustus 2018.

Jenazah Senator John McCain akan disemayamkan di ruang rotunda Gedung parlemen Amerika hari Jumat (31/8), sementara warga Amerika terus berkabung atas meninggalnya legislator yang telah lama mengabdi dan juga pahlawan perang itu.

Jenazah McCain, Kamis (30/8) diterbangkan ke Washington dari Arizona, negara bagian yang ia wakili di Kongres sejak pertama kali terpilih pada tahun 1982.

Ratusan anggota Kongres diperkirakan akan menghadiri acara di rotunda, suatu kehormatan yang diberikan kepada 30 warga Amerika saja sepanjang sejarah negara ini. Peti jenazah McCain akan diletakkan di atas landasan penyangga kayu yang dikenal sebagai catafalque, yang pertama kali digunakan pada tahun 1865 untuk menyangga peti jenazah Presiden Abraham Lincoln yang tewas dibunuh.

Presiden Donald Trump tidak diundang dalam upacara hari Jumat (31/8) atau pada acara pemakaman McCain pada hari Sabtu (1/9), suatu keputusan yang dianggap banyak orang sebagai teguran terhadap Trump. Perselisihan sengit antara Trump dan McCain yang pernah dua kali menjadi kandidat presiden ini bermula pada kampanye kepresidenan Trump tahun 2016. Ketika itu Trump mengejek McCain karena tertangkap dalam Perang Vietnam dan mengatakan bahwa McCain bukan pahlawan perang.

Namun wakil presiden Mike Pence akan berbicara dalam acara itu dan para pejabat pemerintah lainnya akan hadir selain istri McCain, Cindy, tujuh anaknya, serta ibundanya yang berusia 106 tahun, Roberta McCain.

Setelah upacara hari Jumat (31/8), McCain akan tetap disemayamkan sepanjang hari itu bagi warga yang melayat di rotunda, di mana petinya yang berselubung bendera Amerika akan dijaga oleh Pengawal Kehormatan Capitol Hill.

Warga Arizona dan Seluruh AS Mengenang John McCain
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:35 0:00

Dua mantan presiden, George W Bush dari partai Republik dan Barack Obama dari partai Demokrat, akan menyampaikan pidato dalam acara kebaktian hari Sabtu (1/9) di Katedral Nasional di Washington.

McCain kalah dalam pemilihan pendahuluan di partainya dari Bush pada tahun 2000 dan kalah dalam pemilihan presiden dari Obama pada tahun 2008.

Mantan penerbang yang menjadi tahanan perang selama lebih dari lima tahun ini akan dimakamkan hari Minggu (2/9) di perguruan tinggi almamaternya, Akademi Angkatan Laut Amerika di Annapolis, Maryland.

McCain meninggal dunia Sabtu lalu (25/8) pada usia 81 tahun setelah setahun berjuang melawan kanker. [uh]

XS
SM
MD
LG