Tautan-tautan Akses

Jembatan Al-Sanak di Baghdad Dirobohkan


para demonstran memblokir jembatan Al-Sanak dalam aksi protes antipemerintah di Baghdad, Irak, 4 November 2019. (Foto: dok).

Televisi pemerintah Irak melaporkan, sejumlah pakar bom meledakkan sebuah bom di bawah jembatan yang selama ini menjadi bagian dari lokasi protes harian anti-pemerintah di ibukota, Baghdad.

Laporan tersebut tidak merinci lebih jauh proses peledakan jembatan Al-Sanak yang berada di atas Sungai Tigris, yang membelah Baghdad, pada hari Jumat itu.

Juga pada Jumat (8/11), demonstran bernama Amir Shami mengatakan, pasukan keamanan merobohkan tenda-tenda yang digunakan dalam aksi protes duduk di kota suci Karbala.

Puluhan ribu orang turun ke jalan-jalan sejak bulan lalu di ibukota, dan di berbagai kawasan Irak Selatan yang banyak dihuni warga Syiah, menuntut perubahan politik yang menyeluruh.

Para demonstran mengeluhkan korupsi yang merajalela, kurangnya peluang kerja, dan buruknya layanan dasar, termasuk pemadaman listrik secara regular meski Irak diketahui sebagai negara kaya minyak.

Lebih dari 250 orang twwas sejak kerusuhan pecah 1 Oktober lalu. [ab/lt]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG