Tautan-tautan Akses

Jemaah Haji Jalani Wukuf di Padang Arafah


Jamaah haji berdoa di Padang Arafah, yang juga dikenal sebagai Jabal al-Rahma di tenggara kota suci Mekkah, selama klimaks haji di tengah pandemi COVID-19 pada 30 Juli 2020. (Foto: AFP)

Ribuan jemaah haji tiba di Arafah -- sebuah bukit granit yang terletak di sebelah timur Makkah -- saat fajar Senin (19/7), hari kedua ibadah haji.

Dikenal sebagai Jabal Rahmah, bukit itu adalah tempat di mana Nabi Muhammad S.A.W menyampaikan khotbah terakhirnya.

Di Padang Arafah, jemaah haji menghabiskan seluruh waktu siang dan sorenya untuk berzikir, salat dan memohon ampunan Allah, serta memohon kekuatan untuk mengarungi masa depan mereka di dunia dan di akhirat.

Wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah itu merupakan puncak ritual ibadah haji.

Wukuf berasal dari kata Arab wuquf yang berarti berhenti. Pesan moral kata ini adalah mengajak manusia untuk meninggalkan aktivitas dunia selama beberapa jam dan merenungi diri.

Pelaksanaan ibadah haji, yang biasanya diikuti sekitar 2,5 juta Muslim dari berbagai penjuru dunia, terlihat sangat lengang tahun ini. Jumlah pesertanya dibatasi untuk tahun kedua karena pandemi virus corona.

Tahun ini, hanya 60.000 penduduk Arab Saudi yang diizinkan mengikutinya. Tahun lalu, tak sampai 1.000 orang yang diizinkan melakukan ibadah itu. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG