Tautan-tautan Akses

Jelang KTT G20, Presiden Trump Bicara dengan Pemimpin Jerman, Perancis dan Italia


Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump, Senin (3/7) mengatakan ia telah berbicara dengan pemimpin tiga negara sekutu di Eropa yaitu Jerman, Perancis dan Italia, sebelum terbang ke Hamburg, Jerman, untuk menghadiri KTT G-20 kemudiannya pekan ini.

Dalam pernyataan-pernyataannya di Twitter Senin pagi, Trump tidak memberikan isyarat soal apa yang akan dibahasnya dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Perancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Italia Paolo Gentiloni.

Merkel mengatakan ia memperkirakan para pemimpin yang akan bertemu dalam forum KTT G-20 itu akan menyepakati perlunya melanjutkan perang melawan terorisme, tetapi berbeda pendapat dalam isu-isu lain.

“Saya rasa pada akhirnya kita tidak memiliki posisi yang sama dalam semua isu, tetapi akan secara nalar dan jujur untuk berbicara satu sama lain mengenai semua masalah diplomasi internasional,” ujar Merkel dalam konferensi pers di Berlin, Senin (3/7).

Merkel menambahkan Trump berbeda pendapat dengan para pemimpin global lain dalam beberapa hal, khususnya dengan pengunduran diri Amerika dari perjanjian internasional Paris tahun 2015 untuk mengurangi emisi gas rumah kaca pada tahun-tahun mendatang.

“Kita tahu sikap pemerintah Amerika dalam isu-isu tertentu dan saya tidak berharap sikap ini akan berubah setelah KTT dua hari di Hamburg,” ujar Merkel. Merkel dan Trump berencana akan mengadakan pertemuan hari Kamis (6/7) sebelum dimulainya KTT. [em/ds]

XS
SM
MD
LG