Tautan-tautan Akses

Jalur Telepon UEA-Israel Terbuka Pasca Normalisasi Hubungan


Balai kota Tel Aviv tampak menyala dengan warna bendera Uni Emirat Arab, setelah UEA menormalisasi hubungan dengan Israel.

Jalur telpon antara Uni Emirat Arab UEA dan Israel hari Minggu (16/8) dibuka, perkembangan yang dipuji menteri komunikasi Israel sebagai langkah penting pasca normalisasi hubungan antar kedua negara.

Belum jelas benar kapan pemblokiran jalur telpon antara UEA dan Israel itu dicabut, tetapi sebelumnya hubungan telpon diantara kedua negara tidak pernah dapat dilakukan. Kantor berita Reuters mencoba menelpon beberapa kontak dari UEA dan Israel hari Minggu.

Telecoms Regulatory Authority UEA belum menanggapi permohonan untuk memberi pernyataan atas hal ini.

Namun semakin banyak situs-situs berita Israel yang sebelumnya diblokir, hari Minggu ini sudah dapat dibaca dengan menggunakan jalur koneksi internet UEA.

UEA dan Israel Kamis lalu (13/8) mengumumkan perjanjian yang akan mendorong normalisasi penuh hubungan diplomasi kedua negara.

“Saya mengucapkan selamat kepada Uni Emirat Arab karena telah mencabut pemblokiran ini,” cuit Menteri Komunikasi Israel Yoaz Hendel di Twitter.

“Banyak kesempatan ekonomi yang kini terbuka, dan langkah-langkah membangun kepercayaan ini penting untuk meningkatkan kepentingan kedua negara,” cuitnya.

Dua operator telekomunikasi utama di UEA, Du dan Etisalat, belum memberi tanggapan atas permintaan Reuters untuk memberikan pernyataan. [em/ii]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG