Tautan-tautan Akses

AS

Jalan Utama di California Selatan Masih Tutup Akibat Kobaran Api yang Dipicu Angin


Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di pinggir jalan Calle Real dekat Refugio Rd., Goleta, California, Selasa, 12 Oktober 2021. (Mike Eliason/Departemen Pemadam Kebakaran Santa Barbara via AP)

Jalan raya utama di California Selatan masih ditutup untuk hari ketiga pada hari Rabu (13/10) dan perintah evakuasi diberlakukan karena kobaran api yang kian besar yang dipicu oleh angin kencang. Angin ini juga meningkatkan risiko kebakaran hutan di sebagian besar negara bagian tersebut.

Para pejabat Santa Barbara County menetapkan keadaan darurat pada hari Selasa (12/10).

Lebih dari 200 petugas pemadam kebakaran berjuang melawan Kebakaran Alisal, yang mencakup wilayah seluas 54 kilometer persegi di kawasan pesisir Santa Barbara County dan baru lima persennya yang ditanggulangi, kata para pejabat pemadam kebakaran. Kapten Daniel Bertucelli, pejabat humas untuk Departemen Kebakaran di wilayah itu mengatakan, kombinasi kondisi lahan dan cuaca menciptakan keadaan yang sangat sulit bagi para petugas pemadam.

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api kebakaran di tepi Highway 101 menuju selatan Vista Point, Selasa sore, 12 Oktober 2021.
Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api kebakaran di tepi Highway 101 menuju selatan Vista Point, Selasa sore, 12 Oktober 2021.

“Dengan angin berkecepatan 60-80 kilometer per jam, kekeringan yang meluas dan topografi yang curam, ini menjadi badai kebakaran yang sangat sulit untuk ditanggulangi, dan untuk dikendalikan,” kata Bertucelli.

Api berkobar pada hari Senin (11/10) di punggung bukit dan menjalar ke arah laut, memaksa penutupan satu-satunya jalan raya utama di bagian pesisir itu. Kebakaran itu berkobar beberapa kilometer dari Rancho del Cielo, yang pernah dimiliki Ronald dan Nancy Reagan dan dikenal sebagai Gedung Putih di bagian Barat selama masa kepresidenannya. Para petugas pemadam melindungi ranch di mana Reagan menerima para pemimpin dunia. Dewan Pengawas Santa Barbara County telah meminta Gubernur Gavin Newsom untuk menetapkan keadaan darurat yang akan membuka sumber daya negara bagian untuk petugas pemadam kebakaran dan pengungsi. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG