Tautan-tautan Akses

AS

Jaksa Federal Panggil Panitia Pelantikan Trump


Presiden Donald Trump menyampaikan pidato seusai pelantikannya sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat di Gedung Capitol, Washington, D.C., 20 Januari 2017. (Foto: dok).

Jaksa penuntut federal Amerika telah mengeluarkan surat panggilan kepada panitia pelantikan Presiden Donald Trump untuk mencari dokumen terkait donor dan pengeluarannya.

Perkembangan itu dilaporkan hari Senin (4/2) oleh beberapa kantor berita yang mengutip salinan surat panggilan pengadilan atau informasi dari rang-orang yang mengetahui penyelidikan tersebut.

Jaksa penuntut telah menyelidiki apakah panitia pelantikan Presiden Trump menyalahgunakan sebagian dari $107 juta yang dihimpunnya untuk acara-acara terkait pelantikan Trump pada bulan Januari 2017.

Selain menyelidiki bagaimana uang itu digunakan dan potensi balas jasa yang diberikan sebagai imbalan atas kontribusi, jaksa juga ingin tahu apakah ada sumbangan yang diberikan oleh warga negara asing. Sumbangan asing dilarang berdasarkan hukum Amerika.

Laporan itu mengutip juru bicara panitia pelantikan yang mengatakan telah menerima panggilan pengadilan, sedang mengkajinya dan bermaksud untuk bekerja sama dalam penyelidikan. [lt]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG